Format RPP Terbaru 2020 ( Hanya 1 Lembar )


Apakabar rekan-rekan semua…?? Mudah-mudahan dalam keadaan baik dan dilancarkan segala urusannya..Aamiin

Nah kemarin admin menulis tentang aturan-aturan dalam pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), sudah paham belum dengan aturan tersebut..?

RPP
Kali ini admin akan sedikit mungulas tentang peraturan RPP yang kemarin admin bagikan, langsung aja deh kalau gitu, dilihat dari sudut pandang dan bahasa yang digunakan dalam surat tersebut admin menyimpulkan bahwa dalam Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran hanya membutuhkan 5 (lima) Strategi Pengajaran yaitu :

Profil Murid

Bertujunan untuk menggambarkan karakteristik murid dalam satu kelas yang menjadi dasar untuk menyesuaikan tehnik pembelajaran. Jadi gini apabila kita tau karakteristik murid dalam kelas tersebut kita sudah tau maka akan mudah dalam menentukan pendekatan terhadap murid contohnya kelas A itu karakteristik muridnya pendiam nah metode apa yang akan kita gunakan..

Tujuan Pembelajaran

Tujuan pembelajaran masih sama dengan KI/KD yang menjadi tambahan hanya cara pelaksanaanya yaitu berubah menjadi Tujuan Belajar, temen-temen harus bisa bedakan antara Tujuan Pembelajaran dangan Tujuan Belajar. Kalau Tujuan Pembelajaran itu biasanya tertuang dalam Kurikulum Sekolah sedangkan Tujuan Belajar adalah apa yang nantinya akan murid/siswa dapat dari pelajaran tersebut seperti itu jadi lebih ke sedutpandang siswa melihat materi yang akan kita bahas.

Strategi Pengajaran

Bagaimana serangkaian tahapan dan aktivitas pembelajaran baik yang dilakukan mandiri oleh murid ataupun yang dipandu oleh guru. Strategi ini lah yang mengantarkan dari Profil Murid tadi menuju Tujuan Pembelajaran.

Bukti dan Assessmen

Bukti merupakan produk hasil kerja murid yang membuktikan penguasaan suatu kompetensi (kemampuan murid).
Assessmen merupakan serangkaian penilaian tentang memahami upaya dan hasil belajar murid dalam menguasai suatu kompetensi.

Cakupan

Apa saja konten atau isi dari satu atau lebih pelajaran yang digunakan guru untuk membantu murid dalam menguasai Tujuan Pembelajaran.

Sedangkan untuk Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bagi teman-teman yang membutuhkan dapal di Download Disini

Sekian Dulu informasi kali ini mudah-mudahan bermanfaar bagi teman semua.
Terimakasih


Featured post

PEMNFAATAN AI UNTUK PEMBELAJARAN

  Pemanfaatan Kecerdasan Buatan (AI) sebagai Media Pembelajaran Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI) telah menjadi bagian integral...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel