Ujian Nasioal Dihapuskan (UN 2020 Menjadi Yang Terakhir)


Hapus Ujian Nasional

Baru-baru ini dunia pendidikan menjadi sorotan berita tak hanya hal ini dikarnakan Pa Nadiem yang masih muda sebagai menteri pendidikan tapi juga karena ide-ide yang di gagasnya. Setelah viral dengan pidatonya pada Hari Guru kali ini beliau juga membuat sebuah gagasan yang membuat duni pendidikan semakin “Nano-nanao” heh, ya dengan pernyataan beliau mengenai Ujian Nasional (UN) dimana dia mengatakan bahwa Ujian Nasional (UN) Tahun 2020 merupakan Ujian Nasional (UN) terakhir, dengan kata lain Ujian Nasional akan di Hapuskan, ta kaya berbagai pendapat pun muncul. Melihat gagasan pa Nadiem yang mau menghilangkan Ujian Nasional, berikut ini beberapa Negara yang tidak ada Ujian Nasional…

Negara-negara ini merupakan negara-negara hebat di dunia, mereka merupakan negara dengan sistem pendidikan terbaik dari seluruh dunia. Bahkan ada negara yang hanya sekolah 5 jam/hari tanpa PR loh. Ujian nasional merupakan salah satu ujian yang ditakuti karena katanya menentukan kelulusan mereka. Nah, bagaimana nih dengan negara-negara berkut ini yang sekolah dalam waktu singkat, tanpa PR dan tanpa Ujian Nasional. Kita lihat satu per satu yuk bagaimana sistem pendidikan mereka!

1. Finlandia

Finlandia sebagai salah satu negara maju di dunia yang memiliki sistem pendidikan terbaik dari seluruh dunia. Finlandia tidak membebankan pelajar artinya mereka sangat jarang sekali mendapatkan PR apalagi UN (Ujian Nasional). Cara belajar di finlandia 45 menit belajar, 15 menit istirahat. Evaluasi mutu pendidikan diberikan oleh guru-guru sehingga negara berkewajiban melatih guru-guru agar bisa melakukan evaluasi yang berkualitas sehingga dari evaluasi tersebut membuat siswanya mendapatkan nilai tinggi tanpa stres, sehingga mereka tahu bahwa siswanya memiliki potensi yang berbeda-beda. Di Finlandia, guru merupakan profesi yang sangat dihormati dan bahkan dokter berada di bawah peringkat guru

2. Amerika

Walau pun gak ada ujian nasional, tapi untuk masuk ke universitas siswa juga harus memenuhi kriteria nilai-nilai yang sudah ditentukan dan kriteria lainnya, biasanya gak gampang.

3. Jerman

Negara maju yang ini terkenal dengan pemikiran kreatifnya dan menjadi negara dengan ekonomi terbesar di Eropa. Negara ini juga tidak melaksanakan ujian nasional, mereka mendorong bidang pendidikan dengan serius, memiliki fasilitas pendidikan yang memadai, merancang guru profesional, mempasilitasi media pembelajaran yang banyak dan melaksanakan evaluasi terus menerus. Sehingga di negara ini siswanya tidak hanya cerdas tetapi memiliki tingkah atau perilaku yang baik pula.

4. Kanada

Pendidikan di Kanada dipasilitasi, dibiayai dan dievaluasi oleh pemerintah federal, provinsi, dan pemerintah daerah. Pendidikan berada di dalam yurisdiksi pemerintahan provinsi dan kurikulum diawasi oleh pemerintahan provinsi.

5. Australia

Di negeri kanguru ini tidak mengenal sama sekali ujian nasional melainkan Ujian State. Ujian State tidak menentukan lulus tidaknya para peserta didik tetapi sebagai penentu untuk melanjutkan pendidikan.


Featured post

PEMNFAATAN AI UNTUK PEMBELAJARAN

  Pemanfaatan Kecerdasan Buatan (AI) sebagai Media Pembelajaran Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI) telah menjadi bagian integral...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel